Kurikulum Manajemen Pendidikan Islam
Kehadiran Program Magister Manajemen Pendidikan Islam (S2) didorong semangat untuk merespon perkembangan IPTEK dan tuntutan kebutuhan masayarakat global yang mempersyaratkan pentingnya manajemen profesional dalam pengelolaan lembaga pendidikan. Kehadiran program ini juga untuk mengatasi salah satu masalah mendasar yang dihadapi oleh lembaga pendidikan Islam yaitu lemahnya sistem manajemen pendidikan Islam. Banyak lembaga-lembaga pendidikan yang berkembang di dunia Islam dan khususnya di Indonesia, belum terurus dengan baik dan bahkan tertinggal jauh dibanding dengan lembaga-lembaga pendidikan lainya dikarenakan lemahnya sistem manajemen dan pengelolaan sumberdaya manusia maupun sumberdaya lainya yang kurang profesional dalam pengelolaan pendidikan Islam . Karena itu, program ini sangat strategis dan dibutuhkan dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia dan pengembangan kelembagaan pendidikan Islam yang profesional, responsif, serta mampu berkompetisi dan berkolaborasi dalam masyarakat global.
Dalam rangka memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan, organisasi pembelajaran (learning organization), serta proses integrasi antara ilmu agama dengan ilmu lain dalam peningkatan kualitas manajemen pendidikan Islam dan kualitas sumber daya manusia Indonesia di lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) maupun Perguruan Tinggi Umum (PTU), di lingkungan Departemen Agama maupun Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta Kemeanterian atau instansi-instansi lain yang konsen terhadap mutu pendidikan dan peningkatan kualitas mutu sumberdaya manusia, maka Universitas Islam Makassar telah membuka program pascasarjana magister (S2) Manajemen Pendidikan Islam dan memberi kesempatan belajar kepada masyarakat untuk mengikuti jenjang pendidikan pascasarjana (S2) Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.
Kurikulum yang dilaksanakan merupakan perpaduan antara kurikulum pendidikan Islam dan manajemen pendidikan modern yang mengantarkan peserta mencapai kompetensinya sebagai peneliti, pengembang, konsultan, dan manajer profesional di bidang manejemen pendidikan Islam. Proses sosialisasi nilai-nilai keagamaan tercakup pula dalam proses belajar mengajar. Untuk menunjang pelaksanaan program magister studi MPI ini, maka berikut ini dijelaskan visi, misi, tujuan, standar kompetensi dan kewenangan lulusan, kurikulum serta deskripsi mata kuliah.
Smt | Kode MK | Nama Mata Kuliah(1) | Bobot SKS |
Matrikulasi | A011 | Aswaja | 0 |
A012 | Bahasa Arab | 0 | |
A013 | Bahasa Inggris | 0 | |
A014 | Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) | 0 | |
A015 | Teori-Teori manajemen | 0 | |
I | A316 | Studi Al Quran dan Hadist Berbasis Manajemen Pendidkan Islam | 3 |
A317 | Studi Sejarah Pemikiran dan peradaban Islam | 3 | |
A318 | Filsafat Ilmu | 3 | |
B338 | Perilaku Organisai | 3 | |
A310 | ManajemenPendidikan | 3 | |
II | B326 | Analisis Kebijakan Pendidikan | 3 |
B327 | Sistem Informasi Manajemen | 3 | |
A319 | Metodologi Penelitian | 3 | |
B329 | Supervisi Pendidikan | 3 | |
B320 | Manajemen Strategik | 3 | |
III | C335 | Pengemb. Pend. Multikultural Berbasis Aswaja | 3 |
C336 | Perencanaan Pendidikan | 3 | |
C337 | Manajemen Sumber Daya Pendidikan | 3 | |
A. Mata Kuliah Peminatan/Konsentrasi Manajemen Pendidikan | |||
CA331 | Manajemen Kelembagaan Pendidikan | 3 | |
CA332 | Manajemen Mutu Pendidikan | 3 | |
CA333 | Manajemen Berbasis Kinerja | 3 | |
B. Mata Kuliah Peminatan /Konsentrasi PGSD/MI | |||
CB331 | Manajemen Kelembagaan SD/MI | 3 | |
CB332 | Model Model Pembelajaran SD/MI | 3 | |
CB333 | Supervisi Pendidikan SD/MI | 3 | |
C. Mata Kuliah Peminatan / Konsentrasi PAUD/PIAUD | |||
CC331 | Model Model Pembelajaran PAUD/PIAUD | 3 | |
CC332 | Manajemen Kelembagaan PAUD/PIAUD | 3 | |
CC333 | Supervisi Pendidikan PAUD/PIAUD | 3 | |
IV | D331 | Seminar Proposal | 1 |
D332 | Seminar Hasil | 2 | |
D333 | Seminar Tutup/tesis | 3 | |
JUMLAH SKS TOTAL | 54 |