EnglishIndonesian

Kurikulum Manajemen Pendidikan Islam

Kehadiran Program Magister Manajemen Pendidikan Islam (S2) didorong semangat untuk merespon perkembangan IPTEK dan tuntutan kebutuhan masayarakat global yang mempersyaratkan pentingnya manajemen profesional dalam pengelolaan lembaga pendidikan.  Kehadiran program ini juga untuk mengatasi salah satu masalah mendasar yang dihadapi oleh lembaga pendidikan Islam yaitu lemahnya sistem manajemen pendidikan Islam. Banyak lembaga-lembaga pendidikan yang berkembang di dunia Islam dan khususnya di Indonesia, belum terurus dengan baik dan bahkan tertinggal jauh dibanding dengan lembaga-lembaga pendidikan lainya dikarenakan lemahnya sistem manajemen dan pengelolaan sumberdaya manusia maupun sumberdaya lainya yang kurang profesional dalam pengelolaan pendidikan Islam . Karena itu, program ini sangat strategis dan dibutuhkan dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia dan pengembangan kelembagaan pendidikan Islam yang profesional, responsif, serta mampu  berkompetisi dan berkolaborasi dalam masyarakat global.

Dalam rangka memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan, organisasi pembelajaran (learning organization), serta proses integrasi antara ilmu agama dengan ilmu lain dalam peningkatan kualitas manajemen pendidikan Islam dan kualitas sumber daya manusia Indonesia di lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) maupun Perguruan Tinggi Umum (PTU), di lingkungan Departemen Agama maupun Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta Kemeanterian atau instansi-instansi lain yang konsen terhadap mutu pendidikan dan peningkatan kualitas mutu sumberdaya manusia, maka Universitas Islam  Makassar telah membuka program pascasarjana magister (S2) Manajemen Pendidikan Islam dan memberi kesempatan belajar kepada masyarakat  untuk mengikuti jenjang pendidikan pascasarjana (S2) Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

Kurikulum yang dilaksanakan merupakan perpaduan antara kurikulum pendidikan Islam dan manajemen pendidikan modern yang mengantarkan peserta mencapai kompetensinya sebagai peneliti, pengembang, konsultan, dan manajer profesional di bidang manejemen pendidikan Islam. Proses sosialisasi nilai-nilai keagamaan tercakup pula dalam proses belajar mengajar.  Untuk menunjang pelaksanaan program magister studi MPI ini, maka berikut ini dijelaskan visi, misi, tujuan, standar kompetensi dan kewenangan lulusan, kurikulum serta deskripsi mata kuliah.

Smt Kode MK Nama Mata Kuliah(1)  Bobot SKS
Matrikulasi A011 Aswaja 0
A012 Bahasa Arab 0
A013 Bahasa Inggris 0
A014 Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) 0
A015 Teori-Teori manajemen 0
I A316 Studi Al Quran dan Hadist Berbasis Manajemen Pendidkan Islam   3
A317 Studi Sejarah Pemikiran dan  peradaban Islam 3
A318 Filsafat Ilmu 3
B338 Perilaku Organisai 3
A310 ManajemenPendidikan 3
       
II B326 Analisis Kebijakan Pendidikan  3
B327 Sistem Informasi Manajemen 3
A319 Metodologi Penelitian 3
B329 Supervisi Pendidikan 3
B320 Manajemen Strategik 3
       
III C335 Pengemb. Pend. Multikultural Berbasis Aswaja 3
C336 Perencanaan Pendidikan 3
C337 Manajemen Sumber Daya Pendidikan 3
A.     Mata Kuliah Peminatan/Konsentrasi Manajemen Pendidikan  
CA331 Manajemen Kelembagaan Pendidikan  3
CA332 Manajemen Mutu Pendidikan 3
CA333 Manajemen Berbasis Kinerja 3
B.     Mata Kuliah Peminatan /Konsentrasi PGSD/MI  
CB331 Manajemen Kelembagaan SD/MI 3
CB332 Model Model Pembelajaran SD/MI 3
CB333 Supervisi Pendidikan SD/MI 3
C.     Mata Kuliah Peminatan / Konsentrasi PAUD/PIAUD  
CC331 Model Model Pembelajaran PAUD/PIAUD 3
CC332 Manajemen Kelembagaan PAUD/PIAUD 3
CC333 Supervisi Pendidikan PAUD/PIAUD 3
       
IV D331 Seminar Proposal 1
D332 Seminar Hasil 2
D333 Seminar Tutup/tesis 3
       
    JUMLAH SKS TOTAL 54