Menu Close

Kurikulum Manajemen Pendidikan Islam

Kehadiran Program Magister Manajemen Pendidikan Islam (S2) didorong semangat untuk merespon perkembangan IPTEK dan tuntutan kebutuhan masayarakat global yang mempersyaratkan pentingnya manajemen profesional dalam pengelolaan lembaga pendidikan.  Kehadiran program ini juga untuk mengatasi salah satu masalah mendasar yang dihadapi oleh lembaga pendidikan Islam yaitu lemahnya sistem manajemen pendidikan Islam. Banyak lembaga-lembaga pendidikan yang berkembang di dunia Islam dan khususnya di Indonesia, belum terurus dengan baik dan bahkan tertinggal jauh dibanding dengan lembaga-lembaga pendidikan lainya dikarenakan lemahnya sistem manajemen dan pengelolaan sumberdaya manusia maupun sumberdaya lainya yang kurang profesional dalam pengelolaan pendidikan Islam . Karena itu, program ini sangat strategis dan dibutuhkan dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia dan pengembangan kelembagaan pendidikan Islam yang profesional, responsif, serta mampu  berkompetisi dan berkolaborasi dalam masyarakat global.

Dalam rangka memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan, organisasi pembelajaran (learning organization), serta proses integrasi antara ilmu agama dengan ilmu lain dalam peningkatan kualitas manajemen pendidikan Islam dan kualitas sumber daya manusia Indonesia di lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) maupun Perguruan Tinggi Umum (PTU), di lingkungan Departemen Agama maupun Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta Kemeanterian atau instansi-instansi lain yang konsen terhadap mutu pendidikan dan peningkatan kualitas mutu sumberdaya manusia, maka Universitas Islam  Makassar telah membuka program pascasarjana magister (S2) Manajemen Pendidikan Islam dan memberi kesempatan belajar kepada masyarakat  untuk mengikuti jenjang pendidikan pascasarjana (S2) Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

Kurikulum yang dilaksanakan merupakan perpaduan antara kurikulum pendidikan Islam dan manajemen pendidikan modern Berbasis KKNI yang mengantarkan peserta mencapai kompetensinya sebagai peneliti, pengembang, konsultan, dan manajer profesional di bidang manejemen pendidikan Islam. Proses sosialisasi nilai-nilai keagamaan tercakup pula dalam proses belajar mengajar.  Untuk menunjang pelaksanaan program magister studi MPI ini, maka berikut ini dijelaskan visi, misi, tujuan, standar kompetensi dan kewenangan lulusan, kurikulum serta deskripsi mata kuliah.

CAPAAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN PENDIDKAN ISLAM

UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR

 

SIKAP

Sip 1

Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious berdasarkan Ahlusunnah waljama’ah

Ø  Studi Al-Qur’an Dan Hadist Berbasis Manajemen Berbasis Manajemen Pendidikan Islam

Ø  Studi Sejarah Pemikiran Dan  Peradaban Islam

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

 

Sip 2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas agama, moral dan etika berdasarkan Ahlusunnah waljama’ah

Ø  Filsafat Ilmu

Ø  Studi Sejarah Pemikiran Dan  Peradaban Islam

Ø  Studi Al-Qur’an Dan Hadist Berbasis Manajemen Berbasis Manajemen Pendidikan Islam

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

 

Sip 3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

Ø  Manajemen Sumber Daya Pendidikan

Ø  Analisis Kebijakan Pendidikan

Ø  Metodologi Penelitian

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

Sip 4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.

Ø  Analisis Kebijakan Pendidikan

Sip 5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau orisinal orang lain.

Ø  Filsafat Ilmu

Ø  Studi Al-Qur’an Dan Hadist Berbasis Manajemen Berbasis Manajemen Pendidikan Islam

Ø  Studi Sejarah Pemikiran Dan  Peradaban Islam

Sip 6

Bekerjasama dan mimiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat multicultural dan lingkungan.

Ø  Studi Al-Qur’an Dan Hadist Berbasis Manajemen Berbasis Manajemen Pendidikan Islam

Ø  Pengembangan Pendidikan Multikultural Berbasis Aswaja

Ø  Studi Sejarah Pemikiran Dan  Peradaban Islam

Sip 7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, mengiternalisasi nilai, etika, dan norma akademik.

Ø  Perilaku Organisasi

Ø  Filsafat Ilmu

Ø  Studi Al-Qur’an Dan Hadist Berbasis Manajemen Berbasis Manajemen Pendidikan Islam

Ø  Manajemen Sumber Daya Pendidikan

Ø  Studi Sejarah Pemikiran Dan  Peradaban Islam

Sip 8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika.

Ø  Manajemen Mutu Pendidikan

Ø  Sistem Informasi Manajemen

Ø  Manajemen Pendidikan

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

Sip 9

Menunjukkan sikap Profesionalis, bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahlian secara mandiri.

Ø  Studi Al-Qur’an Dan Hadist Berbasis Manajemen Berbasis Manajemen Pendidikan Islam

Ø  Studi Sejarah Pemikiran Dan  Peradaban Islam

Ø  Filsafat Ilmu

Ø  Metodologi Penelitian

Ø  Manajemen Pendidikan

Ø  Manajemen Mutu Pendidikan

Ø  Analisis Kebijakan Pendidikan

Ø  Sistem Informasi Manajemen

Ø  Perilaku Organisasi

Ø  Supervisi Pendidikan

Ø  Manajemen Strategik

Ø  Pengembangan Pendidikan Multikultural Berbasis Aswaja

Ø  Perencanaan Pendidikan

Ø  Manajemen Sumber Daya Pendidikan

Ø  Manajemen Sumber Daya pendidikan

Ø  Manajemen Kelembagaan Pendidikan

Ø  Manajemen Berbasis Kinerja

Ø  Manajemen Kelembagaan PAUD/PIAUD

Ø  Manajemen Kelembagaan SD/MI

Ø  Model Model Pembelajaran PAUD/PIAUD

Ø  Model Model Pembelajaran SD/MI

Ø  Supervisi Pendidikan PAUD/PIAUD

Ø  Supervisi Pendidikan SD/MI

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

Sip 10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan berdasarkan Ahlusunnah waljama’ah.

Ø  Manajemen Sumber Daya Pendidikan

Ø  Manajemen Pendidikan

Ø  Manajemen Strategik

CAPAAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN PENDIDKAN ISLAM

UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR

 

PENGUASAAN PENGETAHUAN

PP 1

1.      Menguasai dan mengembangkan konsep, teori, dan aplikasi dalam perencanaan strategik untuk memecahkan masalah dan isu-isu dalam manajemen pendidikan berdasarkan Ahlusunnah waljama’ah;

Ø  Studi Al-Qur’an Dan Hadist Berbasis Manajemen Berbasis Manajemen Pendidikan Islam

Ø  Studi Sejarah Pemikiran Dan  Peradaban Islam

Ø  Manajemen Strategik

Ø  Analisis Kebijakan Pendidikan

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

PP 2

2.      Menguasai dan mengembangkan konsep dan teori organizational strategic readiness dalam mengelola dan melakukan tindakan pembinaan profesional melalui pendekatan multidisiplin;

Ø  Perilaku Organisasi

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

PP 3

3.      Menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori kebijakan dalam manajemen pendidikan berdasarkan Ahlusunnah waljama’ah;

Ø  Studi Qur’an dan Hadist berbasis Manajemen berbasis Manajemen Pendidikan Islam

Ø  Studi Sejarah Pemikiran dan  Peradaban Islam

Ø  Analisis Kebijakan Pendidikan

Ø  Manajemen Strategik

Ø  Supervisi Pendidikan

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

PP 4

4.      Menguasai dan mengembangkan konsep dan teori pembiayaan pendidikan dalam manajemen pendidikan;

Ø  Perencanaan  Pendidikan

Ø  Manajemen Strategik

Ø  Analisis Kebijakan Pendidikan

Ø  Manajemen Pendidikan

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

PP 5

5.      Menguasai dan mengembangkan konsep dan teori dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian sumber daya pendidikan dengan menerapkan berbagai alternatif strategi dan pendekatan multidisiplin;

Ø  Manajemen Pendidikan

Ø  Pengembangan Pendidikan Multikultural Bebrasis Aswaja

Ø  Manajemen Strategik

Ø  Perencanaan Pendidikan

Ø  Manajemen Sumber Daya Pendidikan

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

PP 6

6.      Menguasai dan mengembangkan konsep dan teori otonomi penyelenggaraan pendidikan berdasarkan Ahlusunnah waljama’ah;

Ø  Manajemen Sumber Daya Pendidikan

Ø  Pengembangan Pendidikan Multikultural Bebrasis Aswaja

Ø  Filsafat Ilmu

Ø  Studi Qur’an Dan Hadist Berbasis Manajemen Berbasis Manajemen Pendidikan Islam

Ø  Studi Sejarah Pemikiran Dan  Peradaban Islam

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

PP 7

7.      Menguasai dan mengembangkan konsep dan teori akuntabilitas, transparansi, responsibilitas, dan integritas dalam manajemen pendidikan;

Ø  Supervisi Pendidikan PAUD/PIAUD

Ø  Supervisi Pendidikan SD/MI

Ø  Supervisi Pendidikan

Ø  Manajemen Pendidikan

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

 

 

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN PENDIDKAN ISLAM

UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR

 

 

KETERAMPLAN KHUSUS

KK 1

 

1.      Mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan perencanaan strategik, analisis kohort, analisis proyeksi dan analisis kebutuhan untuk semua jenjang pendidikan;

Ø  Studi Al-Qur’an Dan Hadist Berbasis Manajemen Berbasis Manajemen Pendidikan Islam

Ø  Studi Sejarah Pemikiran Dan  Peradaban Islam

Ø  Filsafat Ilmu

Ø  Metodologi Penelitian

Ø  Manajemen Pendidikan

Ø  Manajemen Mutu Pendidikan

Ø  Analisis Kebijakan Pendidikan

Ø  Sistem Informasi Manajemen

Ø  Perilaku Organisasi

Ø  Supervisi Pendidikan

Ø  Manajemen Strategik

Ø  Pengembangan Pendidikan Multikultural Berbasis Aswaja

Ø  Perencanaan Pendidikan

Ø  Manajemen Sumber Daya Pendidikan

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

 

KK 2

 

2.      Mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan konsep kepemimpinan dan perilaku organisasi, membuat struktur organisasi, memformulasi tim, mengelola stress, konflik, memotivasi, membangun komitmen dan etika organisasi, mewujudkan keadilan, mengambil keputusan serta membangun kinerja optimal untuk jenjang pendidikan berdasarkan Ahlusunnah waljama’ah;

Ø  Studi Al-Qur’an dan Hadist berbasis Manajemen berbasis Manajemen Pendidikan Islam

Ø  Studi Sejarah Pemikiran dan  Peradaban Islam

Ø  Manajemen Pendidikan

Ø  Manajemen Berbasis Kinerja

Ø  Perilaku Organisasi

Ø  Manajemen Strategik

 

KK 3

 

3.      Mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan analisis kebijakan, telaah kritis, dan mensimulasikan proses kebijakan pendidikan dasar, menengah dan tinggi dengan mempertimbangkan aspek-aspek kebenaran keilmuan, psikologi, teknologi informasi dan komunikasi, serta hasil-hasil penelitian yang relevan;

Ø  Analisis Kebijakan Pendidikan

Ø  Manajemen Mutu Pendidikan

Ø  Filsafat Ilmu

Ø  Supervisi Pendidikan

Ø  Sistem Informasi Pendidikan

Ø  Perilaku Organisasi

Ø  Metodologi Penelitian

Ø  Model-model Pembelejaran SD/MI

Ø  Model-model Pembelejaran PAUD/PIAUD

Ø  Supervisi Pendidikan PAUD/PIAUD

Ø  Supervisi Pendidikan SD/MI

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

KK 4

 

4.      Mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan analisis pembiayaan pendidikan;

Ø  Manajemen Mutu Pendidikan

Ø  Pengembangan Pendidikan Multikultural berbasis Aswaja

Ø  Manajemen Kelembagaan SD/MI

Ø  Manajemen Kelembagaan PAUD/PIAUD

Ø  Manajemen Kelembagaan Pendidikan

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

KK 5

 

5.      Mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan kegiatan kepemimpinan dan supervisi pendidikan secara profesional berdasarkan Ahlusunnah waljama’ah;

Ø  Studi Al-Qur’an dan Hadist berbasis Manajemen berbasis Manajemen Pendidikan Islam

Ø  Studi  Sejarah Pemikiran dan  Peradaban Islam

Ø  Supervisi Pendidikan

Ø  Manajemen Berbasis Kinerja

Ø  Manajemen Kelembagaan SD/MI

Ø  Manajemen Kelembagaan PAUD/PIAUD

Ø  Supervisis PAUD/PIAUD

Ø  Supervisi Pendidikan SD/MI

KK 6

 

6.      Mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan konsep otonomi pendidikan;

Ø  Manajemen Mutu Pendidikan

Ø  Pengembangan Pendidikan Multikultural Berbasis Aswaja

Ø  Manajemen Kelembagaan Sd/Mi

Ø  Manajemen Kelembagaan Paud/Piaud

Ø  Manajemen Kelembagaan Pendidikan

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

KK 7

 

7.      Mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan evaluasi peraturan perundang-undangan dan memecahkan masahah dalam rnanajemen pendidikan .

Ø  Supervisi Pendidikan

Ø  Supervisis Paud/Piaud

Ø  Supervisi Pendidikan Sd/Mi

Ø  Analsis Kebijakan Pendidikan

Ø  Manajemen Kelembagaan Pendidikan

Ø  Manajemen Kelembagaan Sd/Mi

Ø  Manajemen Kelembagaan Paud/Piaud

Ø  Pengembangan Pendidikan Multikultural Berbasis Aswaja

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

   

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN PENDIDKAN ISLAM

UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR

 

KETERAMPILAN UMUM

KU 1

1.      Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmìah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan nilai-nilai Islam Ahlusunnah waljama’ah;

Ø  Studi Al-Quran Dan Hadist Bebrasis Manajemen Pendidikan Islam

Ø  Studi Sejarah Pemikiran Dan  Peradaban Islam

Ø  Filsafat Ilmu

Ø  Sistem Informasi Manajemen Pendidikan

Ø  Perencanaan Pendidikan

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

KU 2

2.      Mampu mengembangkan validasi akademik dalam memecahkan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahilan dalam bidang manajemen pendidikan berdasarkan nilai-nilai Islam Ahlusunnah waljama’ah;

Ø  Studi Al-Quran dan Hadist bebrasis Manajemen Pendidikan Islam

Ø  Studi Sejarah Pemikiran dan  Peradaban Islam

Ø  Metodologi Penelitian

Ø  Analisis Kebijakan pendidikan

Ø  Perilaku Organisasi

Ø  Manajemen Strategik

KU 3

3.      Mampu mengembangkan gagasan secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas berdasarkan nilai-nilai Islam Ahlusunnah waljama’ah;

Ø  Studi Al-Quran dan Hadist bebrasis Manajemen Pendidikan Islam

Ø  Studi Sejarah Pemikiran Dan Peradaban Islam

Ø  Filsafat Ilmu

Ø  Metodologi Penelitian

Ø  Manajemen Mutu Pendidikan

Ø  Pengembangan Pendidikan Multikultural Berbasis Aswaja

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

KU 4

4.      Mampu mengidentifikasi dan mengembangkan bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;

Ø  Metodologi Penelitian

Ø  Manajemen Pendidikan

Ø  Manajemen Mutu Pendidikan

Ø  Perencanaan Pendidikan

Ø  Manajemen Strategik

Ø  Perilaku Organisasi

Ø  Manajemen Sumber Daya Pendidikan

KU 5

5.      Mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan manajemen pendidikan berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

Ø  Analisis Kebijakan Pendidikan

Ø  Perilaku Organisasi

Ø  Perencanaan Pendidikan

Ø  Supervisi Pendidikan

Ø  Sistem Informasi Manajemen Pendidikan

Ø  Manajemen Berbasis Kinerja

Ø  Supervisis PAUD/PIAUD

Ø  Supervisi Pendidikan SD/MI

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesi

KU 6

6.      Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

Ø  Sistem Informasi Manajemen Pendidikan

Ø  Metodologi Penelitian

Ø  Manajemen Kelembagaan pendidikan

Ø  Manajemen Berbasis Kinerja

Ø  Manajemen Strategik

Ø  Manajemen Kelembagaan SD/MI

Ø  Manajemen Kelembagaan PAUD/PIAUD

Ø  Perilaku Organisasi

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

KU 7

7.      Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri berdasarkan nilai-nilai Islam Ahlusunnah waljama’ah;

Ø  Studi Al-Quran dan Hadist berbasis manajemen Pendidikan Islam

Ø  Studi sejarah pemikiran dan peradaban Islam

Ø  Supervisi Pendidikan

Ø  Supervisis PAUD/PIAUD

Ø  Supervisi Pendidikan SD/MI

Ø  Model-model Pembelajaran SD/MI

Ø  Model-model Pembelajaran PAUD/PIAUD

Ø  Perencanaan Pendidikan

 

KU 8

8.      Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiat;

Ø  Sistem Informasi Manajemen Pendidikan

Ø  Metodologi Penelitian

Ø  Manajemen Pendidikan

Ø  Manajemen Mutu Pendidikan

Ø  Perencanaan Pendidikan

Ø  Manajemen Strategik

Ø  Manajemen Berbasis Kinerja

Ø  Seminar Proposal

Ø  Seminar Hasil

Ø  Seminar Tutup/Tesis

KU 9

9.      Mampu mengembangkan jejaring kerja dengan kolega, sejawat di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional berdasarkan nilai-nilai Islam Ahlusunnah waljama’ah.

Ø  Studi Al-Quran Dan Hadist Berbasis Manajemen Pendidikan Islam

Ø  Studi Sejarah Pemikiran Dan Peradaban Islam

Ø  Sistem Informasi Manajemen Pendidikan

Ø  Manajemen Pendidikan

Ø  Pengembangan Pendidikan Multikultural Berbasis Aswaja

Ø  Perilaku Organisasi

Ø  Perencanaan Pendidikan

Ø  Manajemen Strategik

Ø  Manajemen Sumber Daya Pendidikan

  

Mata Kuliah Matrikulasi

 

Mata Kuliah

Jumlah SKS

Kesesuaian Visi

Aswaja

0

Ahlusunna Wal Jamaah

Bahasa Arab

0

Bahasa Inggris

0

 

Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI)

0

 

Teori-teori Manajemen

0

 

  

Matriks Hubungan Bahan Kajian dengan Capaian Pembelajaran

No

Bahan Kajian Mata Kuliah

Capaian Pembelajaran

Sikap (Sip)

Penguasaan Pengetahuan (PP)

Keterampilan Khusus (KK)

Keterampilan Umum (KU)

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

1

2

3

4

5

6

7

1

2

3

4

5

6

7

1

2

3

4

5

6

7

8

9

MATA KULIAH WAJIB UNIVERSITAS/ PROGRAM PASCASARJANA

1

Studi Al Quran dan Hadist Berbasis Manajemen Pendidkan Islam 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Studi Sejarah Pemikiran dan  peradaban Islam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Filsafat Ilmu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Metodologi Penelitian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Manajemen Pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MATA KULIAH WAJIB PRODI MAGISTER MPI

1

Analisis Kebijakan Pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Sistem Informasi manajemen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Perilaku Organisai

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Supervisi Pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Manajemen Strategik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

Pengemb. Pend. Multikultural Berbasis Aswaja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Perencanaan Pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

Manajemen Sumber Daya Pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No

Bahan Kajian Mata Kuliah

Capaian Pembelajaran

Sikap (Sip)

Pengetahuan (PP)

Keterampilan Khusus (KK)

Keterampilan Umum (KU)

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

1

2

3

4

5

6

7

1

2

3

4

5

6

7

1

2

3

4

5

6

7

8

9

MATA KULIAH PILIHAN PEMINATAN/ KONSENTRASI

A.    Mata Kuliah Peminatan/Konsentrasi Manajemen Pendidikan

1

Manajemen Kelembagaan Pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Manajemen Mutu Pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Manajemen berbasis Kinerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.     Mata Kuliah Konsentrasi PGSD/MI

1

Manajemen Kelembagaan SD/MI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Model-model Pembelajaran SD/MI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Supervisi Pendidikan SD/MI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.    Mata Kuliah Peminatan/Konsentrasi PAUD/PIAUD

1

Model-model Pembelajaran PAUD/PIAUD

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Manajemen Kelembagaan PAUD/PIAUD

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Supervisi Pendidikan PAUD/PIAUD

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.    Mata Kuliah Tugas Akhir

1

Seminar Proposal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Seminar Hasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Ujian Tutup/Tesis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Struktur Kurikulum Berdasarkan Urutan Mata Kuliah (MK) Semester Demi Semester, Dengan Mengikuti Format Tabel Berikut:

Smt

Kode MK

Nama Mata Kuliah(1)

Bobot SKS

 SKS MK dl Kurikulum

Kelengkapan(3)

Unit/Jur/Fak Penyeleng-gara

Inti(2)

Insti-tusional

Deskripsi

Silabus

SAP

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

(10)

Matrikulasi

A011

Aswaja

0

 

 

 

 

 

Prodi MPI

A012

Bahasa Arab

0

 

 

 

 

 

Prodi MPI

A013

Bahasa Inggris

0

 

 

 

 

 

Prodi MPI

A014

Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI)

0

 

 

 

 

 

Prodi MPI

A015

Teori-Teori manajemen

0

 

 

 

 

 

Prodi MPI

I

A316

Studi Al Quran dan Hadist Berbasis Manajemen Pendidkan Islam 

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

A317

Studi Sejarah Pemikiran dan  peradaban Islam

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

A318

Filsafat Ilmu

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

B338

Perilaku Organisai

3

 

 

 

 

 

PPs UIM

A310

ManajemenPendidikan

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

 

 

 

 

II

B326

Analisis Kebijakan Pendidikan

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

B327

Sistem Informasi Manajemen

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

A319

Metodologi Penelitian

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

B329

Supervisi Pendidikan

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

B320

Manajemen Strategik

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

 

 

 

 

 

III

C335

Pengemb. Pend. Multikultural Berbasis Aswaja

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

C336

Perencanaan Pendidikan

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

C337

Manajemen Sumber Daya Pendidikan

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

A.     Mata Kuliah Peminatan/Konsentrasi Manajemen Pendidikan

CA331

Manajemen Kelembagaan Pendidikan

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

CA332

Manajemen Mutu Pendidikan

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

CA333

Manajemen Berbasis Kinerja

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

 

 

III

 

B.     Mata Kuliah Peminatan  PGSD/MI

CB331

Manajemen Kelembagaan SD/MI

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

CB332

Model Model Pembelajaran SD/MI

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

CB333

Supervisi Pendidikan SD/MI

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

C.     Mata Kuliah Peminatan  PAUD/PIAUD

CC331

Model Model Pembelajaran PAUD/PIAUD

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

CC332

Manajemen Kelembagaan PAUD/PIAUD

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

CC333

Supervisi Pendidikan PAUD/PIAUD

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

 

IV

D331

Seminar Proposal

1

 

 

 

 

 

Prodi MPI

D332

Seminar Hasil

2

 

 

 

 

 

Prodi MPI

D333

Seminar Tutup/tesis

3

 

 

 

 

 

Prodi MPI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JUMLAH SKS TOTAL

54